Minggu, 10 Januari 2016

Turki Bangun Kapal Serbu Amfibi Serbaguna Terbesar

Turki mulai membangun kapal serbu amfibi serbaguna terbesar dalam sejarah Angkatan Laut negara itu. Pembangunan kapal serbu amfibi itu akan rampung pada 2021.

Kapal serbu amfibi itu diberi nama TCG Anatolia atau TCG Anatolia. Pembangunan kapal amfibi itu pertama kali dilaporkan surat kabar Milliyet.



Kapal ini sedang dibangun di galangan kapal Sedef di Istanbul. Menurut laporan media Turki, kapal itu dibangun dengan panjang 225 meter dan lebar 32 meter.

Beratnya direncanakan mencapai 28 ribu ton saat terisi penuh.


Kapal serbu amfibi ini akan dapat mengangkut delapan helikopter tempur, sebuah batalyon infantri dengan 700 petugas, dan 1.400 awak.

Kapal TCG Anatolia juga akan dilengkapi dengan landasan pacu miring 12 derajat untuk pesawat jet dan helikopter tempur.

Surat kabar Turki itu, dalam laporannya yang dikutip Sputnik, Sabtu (9/1/2016), juga mengungkap bahwa militer Turki memiliki pesawat tempur siluman F-35 Lightning II dan Bell Boeing V-22 Osprey yang bisa dipamerkan angkatan bersenjata Turki kepada dunia.

”Pesawat tempur F-35B generasi kelima dan delapan helikopter dapat dibawa ke pameran di Aegean, Laut Hitam, Mediterania, Samudera Hindia dan Samudera Atlantik jika diperlukan,” tulis Milliyet. (SindoNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar