Selasa, 15 Oktober 2013

KISAH: 10 Prajurit AS Pingsang Saat Berlatih Tempur Dengan TNI Tahun 2009



https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/44333_106440319538627_1361482118_n.jpg


Sepuluh prajurit Marinir Amerika yang disebut United States Marine Corps (USMC) terpaksa harus dievakuasi akibat kelelahan saat menjalani latihan bertahan hidup di dalam hutan Selogiri, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa. Staf Dinas Penerangan (Dispen) Korps Marinir Lettu Mar Mardiono melaporkan sejak Senin (19/10) hingga Selasa (20/10), tercatat 10 prajurit Marinir Amerika yang tumbang dan tidak sanggup melanjutkan latihan survival akibat kelelahan dan tidak tahan dengan cuaca tropis.

"Misalnya, Ranus (26) yang berpangkat BFC dan kelahiran California, merupakan salah satu dari 10 Prajurit Marinir Amerika yang terpaksa harus dievakuasi tim medis dari Korps Marinir Indonesia," katanya, didampingi rekannya Serda Mar Kuwadi.
Latihan Survival itu diikuti 362 Marinir Amerika yang dipandu 16 pelatih, tiga interpreter (penerjemah), empat personel komunikasi, dan lima Prajurit Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Korps Marinir TNI AL. Kegiatan survival ini merupakan bagian dari rangkaian Latihan bersama (latma) Marinir Amerika dan Indonesia yang bertajuk "Interoperability Field Training Exercise (IIP?FTX) 2009" di Situbondo dan Banyuwangi, 17-24 Oktober 2009.

Latma yang dikomandani Kolonel Marinir Nur Alamsyah itu dilakukan di empat tempat, yaitu di Pantai Banongan, Puslatpur Marinir Karangtekok, Kecamatan Banyu Putih, Situbondo, Pasewaran, dan hutan Selogiri Banyuwangi. Di Selogiri, 362 Prajurit Marinir Amerika yang menjelajahi hutan liar itu dibagi menjadi dua gelombang yang setiap gelombang dibagi menjadi lima tim dengan didampingi pelatih dan dokter dari Korps Marinir TNI AL.

Satu per satu tim diberangkatkan masuk ke dalam hutan, tetapi panitia sudah menyiapkan rintangngan dan jebakan ranjau yang dipasang sedemikian rupa sebagai tantangan, sehingga sesekali terdengar suara ranjau yang meledak dari balik rerimbunan hutan. Ledakan itu membuat para prajurit kalang kabut, namun mereka tetap saling berkoordinasi dalam satu komando dengan komandan regunya.

Sebelum menjalani perang di dalam hutan, para prajurit Marinir Amerika itu dibekali beberapa pengetahuan dan wawasan terkait cara bertahan hidup di dalam hutan. "Mereka juga kami ajari bagaimana cara makan tumbuh-tumbuhan di hutan, menghadapi hewan di antaranya ular dan beberapa jenis binatang buas," kata Kepala Tim (Katim) Survival Kapten Marinir M Machfud.

Pelatih lainnya, Pelda Marinir Mujiono mempraktikkan bagaimana cara yang benar dalam menjinakkan ular. Beberapa prajurit Marinir Amerika juga ada yang mencoba makan beberapa jenis tumbuhan liar. Dengan bekal logistik yang terbatas, seorang tentara memang dituntut bertahan hidup. Setiap gelombang Latihan Survival itu memakan waktu empat hari empat malam.

"Mereka menghadapi tantangan berat, meski mereka membawa perlengkapan tempur seperti senapan laras panjang M.16 A4, GPMG, senjata canggih lainnya yang dilengkapi dengan infra merah, peralatan komunikasi yang cukup canggih, dan alat digital petunjuk posisi di bumi (Global Positioning System/GPS)," katanya

13 komentar:

  1. sebaiknya jgn dilatih Ndan, biarkan saja prajurit USA hnya mampu berbekal alat-2 canggih tanpa perlu melengkapi kemampuan taktis, bagaimana TNI AL , mereka akhirnya tahu donk rahasi kekuatan personel TNI AL dalam surviving, biarkan mereka buta pengalaman tempur

    saya tidak setuju untuk hal beginian NKRI harga mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali..terkadang sukka aneh klo dipikir2..kita royal ke barat tp barat pelit ke kita...seperti latihan bareng seperti ini hanya membongkar rahasia pertahanan indonesia,,,sungguh bodoh

      Hapus
    2. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















      Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

      Hapus
    3. Ibu Hayati ini musrik banget udah ngak percaya sama Tuhan yaa ... kasihan se x, coba klo emang mbah keboireng ampuh ngak akan promosi di sini ...konyol amat n ga logis blaaasssssssss !!!

      Hapus
    4. Aduh buk.. udah tua bukannya tobat malah nawarin beginian.. gak takut sma panasnya api neraka buk?? Udah mendingan tobat ya bu hayati.. kasian anaknya dikasih makan uang haram

      Hapus
  2. walaupun tentara kita kalah dalam kecanggihan senjata tapi kalo soal kemampuan pertahanan personel jangan dianggap enteng,, terus maju prajurit . . . . .!!!

    BalasHapus
  3. para petinggi TNI sungguh bodoh dengan membiarkan bangsa lain mempelajari cara-cara TNI surviv di hutan

    BalasHapus
  4. Ada kalanya Kelebihan ditunjukkan, ada kalanya Rahasia di Kaburkan

    BalasHapus
  5. ANDA PUTUS SEKOLAH / KULIAH ?!
    MEMBUTUHKAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH ?! INGIN MERUBAH MASA DEPAN MENJADI JAUH LEBIH BAIK ?!
    ATAU ANDA MEMBUTUHKAN DOKUMEN PENTING LAIN ?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP UNTUK MELAYANI DAN MEMBANTU KESULITAN ANDA UNTUK MEMENUHI DOKUMEN DOKUMEN PENTING YANG ANDA BUTUHKAN.

    PELAYANAN KAMI PROFESIONAL KARENA KAMI AKAN MEMBERIKAN BUKTI, BUKAN SEKEDAR JANJI.
    DOKUMEN YANG KAMI SEDIAKAN AMAN - TERDAFTAR DAN TIDAK AKAN ADA MASALAH DIKEMUDIAN HARI KARENA UNTUK KEAMANAN LEGALITAS KAMI BERANI MENJAMIN.
    RAHASIA IDENTITAS PEMESAN AKAN KAMI PASTIKAN AMAN DAN TERJAGA .
    AMAN UNTUK MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN. AMAN UNTUK MELAMAR KERJA. AMAN UNTUK TEST CPNS.
    AMAN UNTUK MASUK TNI / POLRI

    DAFTAR HARGA IJAZAH SEKOLAH / UNIVERSITAS :
    IJAZAH SD : 4.000.000
    IJAZAH SLTP : 4.000.000
    IJAZAH SMU : 4.000.000
    IJAZAH D3 : 6.000.000
    IJAZAH S1 : 8.000.000
    IJAZAH S2 : 16.000.000

    UNTUK INFORMASI LEBIH JELAS SILAHKAN ANDA KIRIM PERTANYAAN MELALUI EMAIL : 085736927001.ku@gmail.com
    ATAU SMS KE : 085736927001

    KAMI AKAN BERUSAHA MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI KARENA KEPERCAYAAN YANG ANDA BERI AKAN MEMBANGUN KINERJA TERBAIK KAMI.

    www.pembuatanijazah.blogspot.com
    www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lagi nawarin yg aneh2.. kalo mau ijasah ya sekolah.. aneh..

      Hapus
  6. Blog itu jangan di masukin yg aneh2. Tema blog A komenya B, Contohnya penawaran2 gak jelas dan gak bermutu kaya di atas. Ok deh kita bahas Kekuatan TNI,, oh ya Tentara kita memang hebat klo soal pertahanan di alam bebas walaupun senjata dan perbekalan terbatas, beda halnya dengan tentara barat, mereka memang memiliki senjata yang cukup canggih tapi kalo soal pertahanan diri di alam bebas memang kalah jauh dengan tentara kita. Tapi sayang,, trik ini pada akhirnya di perkenalkan terhadap militer negara barat tersbut

    BalasHapus
  7. Saya yakin setiap guru yang mengajari muridnya tidak semua ilmu diberikan. Begitu juga dengan TNI Kita.

    BalasHapus
  8. Saya yakin setiap guru yang mengajari muridnya tidak semua ilmu diberikan. Begitu juga dengan TNI Kita.

    BalasHapus