Selasa, 29 Oktober 2013

SBY Bisa Kunjungi Korea Utara


Presiden SBY. (Foto: Abror R/Setneg)


JAKARTA (MI) : Belum lama ini delegasi Indonesia dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa yang melakukan kunjungan ke Korea Utara (Korut). Ternyata, dalam kunjungan diplomasinya turut membuka kemungkinan kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Pyongyang.

"Kunjungan kami ke Korea Utara antara lain untuk mengkaji dan mengantisipasi kemungkinan kunjungan bapak  Presiden ke Korea Utara," ujar Marty, saat ditemui wartawan, di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (29/10/2013).

Namun saat ditanya kapan kunjungan tersebut terealisasi, Marty masih belum bisa memastikan tanggal tepatnya. "Saya sedang kaji melalui pembicaraan (dengan Korut) ini," tambahnya.

Selain tentang pengkajian kunjungan SBY, delegasi diplomatik Indonesia saat di Korut juga membawa beberapa misi. Di antaranya, pembukaan kerjasama dan investasi kedua negara serta pertukaran pandangan antara Indonesia dan Korut.

Ditegaskan Marty, kesimpulan kunjungannya ke negara kontroversial ini adalah untuk peningkatan rasa saling percaya antara kedua negara. Indoensia juga mendorong pentingnya proses dialog kedua korea digelar kembali dan beberapa kesepakatan yang tertunda bisa kembali terlaksana.

Presiden SBY diketahui beberapa kali mendapat undangan mengujungi negara yang dipimpin Kim Jong-Un. Hanya saja belum ada undangan yang dipenuhi oleh SBY tanpa menyebutkan alasan yang jelas kepada publik.





Sumber : Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar