Senin, 28 Januari 2013

Israel Ingin Serang SURIAH


Israel menyebutkan bisa saja melancarkan serangan ke lokasi penyimpanan senjata kimia yang diduga dimiliki oleh Suriah. Negara Yahudi bermaksud melakukan serangan agar senjata itu tidak jatuh ke tangan kelompok Hizbullah atau kelompok yang berkaitan dengan Al Qaeda.

 
Sejak lama Israel mengungkapkan kekhawatirannya terhadap Pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad, yang bisa saja kehilangan kendali dari senjata kimia yang dimilikinya. Wakil Perdana Menteri Israel Silvan Shalom mengatakan, para pejabat tinggi militer Israel melakukan pertemuan khusus untuk membahas senjata kimia Suriah.
 
Menurut Shalom, berpindahnya senjata kimia milik Suriah ke kelompok yang dianggap berbahaya, dianggap akan menjadi perubahan menuju kehancuran.
 
"Tentunya ini (perpindahan senjata kimia) dianggap melanggar sehingga membutuhkan pendekatan berbeda bahan sebuah serangan. Kami akan membuat keputusan," ujar Shalom, seperti dikutip Associated Press, Senin (28/1/2013).
 
Mantan Deputi Direktur Shin Bet, Yisrael Hasson mengatakan, Israel masih terus mengikuti perkembangan yang terjadi di Suriah. Hasson yang merupakan tokoh kunci di intelijen Israel menambahkan, pengawasan yang dilakukan negaranya kepada Suriah tidak lebih dari pengawasan agar senjata kimia milik Assad tidak jatuh yang salah.  
 
"Suriah memiliki senjata kimia dalam jumlah besar, bisa senjata itu jatuh ke tangan yang lebih ekstrim dari Suriah atau teroris global, maka akan merupah peta ancaman secara keseluruhan," tegas Hasson.
 
Setelah 22 bulan perang saudara terjadi di Suriah, banyak kekhawatiran bahwa senjata kimia yang dimiliki Pemerintah Assad bisa jatuh ke tangan yang salah. Tetapi Suriah berulangkali menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki senjata kimia.

Sumber :okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar