Selasa, 08 Oktober 2013

AS Berhasil Cegat Rudal Balistik dengan Sistem Aegis



Sistem rudal Aegis

WASHINGTON DC:(DM) - Badan Pertahanan Rudal (MDA), Komando Pasifik dan personil Angkatan Laut Amerika Serikat berhasil melakukan uji coba Sistem Pertahanan Rudal Balistik Aegis generasi kedua dari kapal perang USS Lake Erie (CG-70). Ini merupakan keberhasilan selanjutnya dari uji coba sebelemnya pada September lalu.

Sistem Aegis berhasil mencegat rudal balistik yang terbang di atas Samudera Pasifik dengan menggunakan rudal interseptor Standard Missile-3 (SM-3) Block IB. Target adalah sebuah rudal balistik jarak menengah yang diluncurkan sekitar pukul 19:33 waktu Hawaii, 4 Oktober 2013, dari Fasilitas Rudal Pasifik di Hawaii. Setelah peluncuran, rudal target terbang ke arah barat laut, USS Lake Erie kemudian mendeteksi dan melacak rudal target dengan radar onboard AN/SPY-1. USS Lake Erie yang sudah dilengkapi dengan Sistem Pertahanan Rudal Balistik Aegis generasi kedua, langsung meresponnya dengan meluncurkan rudal SM-3 Block IB guna mencegat rudal target, dan berhasil menghancurkannya.

Setelah keberhasilan uji coba ini, selanjutnya pihak berwenang dari program pengembangan Aegis generasi kedua akan menilai dan mengevaluasi kinerja sistem rudal Aegis berdasarkan telemetri dan data lain yang diperoleh selama pengujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar