Minggu, 27 Maret 2016

Rusia Akan Tempatkan Drone dan Sistem Rudal di Pulau Sengketa

Menteri Pertahan Rusia, Sergei Shoigu mengatakan, pihaknya berencana untuk menyebarkan sistem pertahan rudal terbarunya dan drone di pulau-pulau Kuril. Pulau-pulau Kuril adalah wilayah kepulauan yang diperebutkan Moskow dan Tokyo.


Rusia Akan Tempatkan Drone dan Sistem Rudal di Pulau Sengketa

Shoigu mengatakan, senjata-senjata baru itu adalah bagian dari rencana untuk mempersenjatai kembali unit militer yang sudah dikerahkan di Kuril. Shoigu juga mengumumkan bahwa pada Oktober Rusia akan membangun pangkalan militer di pulau-pulau Kuril.



"Sistem rudal Panti Bal dan Bastion dan generasi baru drone Eleron 3 akan ditempatkan di sana tahun ini," katanya dalam pertemuan di Departemen Pertahanan Rusia seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/3/2016).

Bastion adalah sistem pertahanan seluler yang dipersenjatai dengan dua rudal anti kapal dengan jangkauan hingga 300 km. Sistem pertahan ini pula yang dikerahkan ke Crimea, yang dicaplok Rusia dari Ukraina pada tahun 2014. Sedangkan sistem rudal Bal adalah rudal anti kapal.

Sengketa kepulauan Kuril telah membuat hubungan Rusia dengan Jepang menjadi memanas. Hal ini terjadi sejak Perang Dunia ke II ketika pasukan Soviet menduduki empat pulau di ujung selatan dari rantai kepulauan ini.

Sengketa ini begitu sengit sampai-sampai Moskow dan Tokyo masih belum menandatangani perjanjian perdamaian secara resmi. (SindoNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar