Selasa, 15 April 2014

Belanja Militer Arab Saudi Membengkak

Pengeluaran belanja militer negara-negara Timur Tengah terus meningkat, tak terkecuali Arab Saudi. Menurut Stockholm International Peace Research Institute, belanja militer Saudi telah menjadi anggaran terbesar keempat di dunia.


Parade militer tentara Arab Saudi, saat menggelar latihan penyelamatan terkait pelaksanaan ibadah haji di Arafah, dekat Mekah, (9/10). AP/Amr Nabil


Menurut laporan Al Jazeera, Senin, 14 April 2014, Saudi telah menghabiskan anggaran sebesar US$ 67 miliar. Angka ini naik 14 persen dibandingkan tahun 2012 lalu sehingga Saudi kini menempati posisi keempat sebagai negara dengan anggaran militer terbesar setelah Inggris, Jepang, dan Prancis.

Adapun negara dengan anggaran militer terbesar adalah Amerika Serikat (US$ 640 miliar), Cina (US$ 188 miliar), dan Rusia (US$ 87,7 miliar).

Secara keseluruhan, pengeluaran Timur Tengah untuk militer telah meningkat 4 persen pada tahun 2013 menjadi US$ 150 miliar. Peningkatan terbesar dilakukan oleh Bahrain yang mencapai 26 persen dan Iran yang mencapai 27 persen. (Tempo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar