Sabtu, 26 April 2014

130 prajurit Marinir jaga perbatasan RI-Malaysia di Sebatik




Sebatik (MI) : Kepala Staf Guspurla Koarmatim Kolonel Laut (P) Irvansyah meninjau Pos Kotis Satuan Tugas Marinir XVII Ambalat di Pulau Sebatik, Kalimantan Timur.
Sebanyak 130 prajurit Marinir ditempatkan di Pulau Sebatik untuk menjaga perbatasan RI dengan Malaysia.

Penugasan ini merupakan salah satu bagian operasi yang digelar Guspurla Koarmatim dengan sandi Operasi Benteng Hiu-14, yang didukung unsur kekuatan laut KRI Kerapu-812, serta kekuatan Pangkalan Posal yang ada di wilayah Pulau Sebatik.

Dihadapan prajurit Kamis lalu (23/4/14), Kasgupurlatim menyampaikan beberapa arahan diantaranya, dalam waktu dekat TNI menggelar Operasi Gabungan di wilayah perbatasan RI-Malaysia dengan sandi “Garda Wibawa”.

Tugas pokok operasi tersebut, kata Kasguspurlatim, Komando Tugas Laut (Kogasla) Ambalat melaksanakan operasi pengamanan perbatasan wilayah laut dan udara Indonesia-Malaysia selama tahun 2014. Wilayah operasi berada di sekitar perairan Karang Unarang/Blok Ambalat Laut Sulawesi dalam rangka mendukung tugas pokok Pangkogab Ambalat.

Operasi yang dilaksanakan meliputi operasi intelijen, patroli laut, patroli udara dan waspam perbatasan di darat serta melaksanakan penghalauan, membayangi, pengejaran, penangkapan dan penyelidikan serta tindakan penghancuran.

Kegitan tersebut lanjut Kasguspurlatim, untuk mendukung tugas Kogasgab Ambalat dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tujuannya agar seluruh personil yang bertugas menjaga wilayah perbatasan tersebut mengerti akan tugas yang diemban.

Di akhir arahannya, Kasguspurlatim memberikan apresiasi terhadap personel TNI AL penjaga perbatasan yang sudah menjalakan tugasnya dengan baik. Selain itu Kasguspurla juga berpesan agar setiap personel tetap menjaga kesehatan dan tetap menjalin kerjasama yang baik antar aparat di tempat tugas.

Hadir dalam acara tersebut Pabankom Guspurla Koarmatim, Dan KRI Kerapu-812 Mayor Laut (P) Kusumo, Dansatgasmar Ambalat XVII Kapten Mar A. Fauzi, serta seluruh Danposal yang berada di wilayah Sebatik.
Sumber :  LENSAINDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar