Selasa, 15 Oktober 2013

Indonesia China Sepakat Kerjasama Eksplorasi Antariksa



JAKARTA-(IDB) : Menteri Negara Riset dan Teknologi (Mennegristek), Prof. Dr. Gusti Mohammad Hatta, dan Administrator China National Space Administration (CNSA), Dr. Ma Xingrui, menandatangani naskah kesepakatan kerja sama Eksplorasi Antariksa untuk Tujuan Damai. Penandatanganan disaksikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Xi Jinping, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/10).

Ruang lingkup kesepakatan tersebut mencakup penelitian dan pembuatan satelit eskperimen, satelit penginderaan jauh dan satelit komunikasi, layanan peluncuran, penjejakan, dan pengendalian satelit termasuk pengoperasian di dalam orbit dan pengelolaannya, penelitian, pembuatan dan pemanfaatan ruas bumi satelit, penelitian sains antariksa, serta pemanfaatan dan saling berbagi data satelit penginderaan jauh.



Penandatanganan naskah ini menandai peningkatan hubungan bilateral antara RI dengan RRT. Di samping itu, kerja sama ini juga merupakan peluang bagi para peneliti dan perekayasa Lapan untuk mempelajari bidang teknologi dan sains antariksa bersama RRT sekaligus berbagi pengalaman terkait pemanfaatan teknologi keantariksaan untuk mendukung pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan penanggulangan bencana.



Usai penandatanganan tersebut, Lapan dan CNSA sepakat untuk mendiskusikan rencana pelaksanaan kerja sama tersebut secara rinci meliputi pembentukan kelompok kerja, komite bersama, serta mekanisme kerja.




Sumber : Lapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar