Rabu, 20 November 2013

2016 : Rusia Produksi Tank Baru



Prototipe tank Armata

Pengembangan Main Battle Tank (MBT) atau Tank Tempur Utama generasi terbaru Rusia akan rampung pada tahun 2015, dan produksi massal dijadwalkan pada 2016, pengembang tank mengatakan kepada RIA Novosti, Rabu, 20 November 2013.


Petinggi-petinggi militer Rusia sudah menyaksikan kemampuan prototipe tank baru yang dijuluki dengan Armata ini, dan diharapkan tank Armata akan menjadi MBT inti Angkatan Darat Rusia.

"Kami sedang bergerak ke tahap selanjutnya dari proyek penelitian dan pengembangan, yang akan selesai pada 2015," kata Vyacheslav Khalitov, Wakil Direktur Umum Uralvagonzavod di Ural, Rusia. Uralvagonzavod sendiri adalah perusahaan negara Rusia yang merupakan pembuat MBT terbesar di dunia.

"Awal produksi sejalan dengan kapasitas perencanaan yang diharapkan pada 2016," kata Khalitov.

Khalitov mengatakan bahwa tiga prototipe Armata saat ini tengah diuji, dan produksi tank bahkan akan dimulai sebelum mengakiri pekerjaan penelitian dan pengembangan.

Menurut pejabat di Departemen Pertahanan Rusia, Armata sebenarnya bukan dikhususkan sebagai nama MBT baru Rusia tersebut. Armata sebenarnya merupakan nama platform tempur universal modular yang digunakan sebagai acuan untuk berbagai kendaraan tempur, seperti fire support, pembersih ranjau, heavy flame throwing dan jembatan (bridge laying vehicles).

Meskipun tank baru ini masih rahasia, namun pihak pabrik (Uralvagonzavod) mengatakan bahwa desainnya juga merupakan penggabungan dari proyek-proyek (terhenti) lain seperti Object 195 (Tank T-95) tahun 1995 dan Object 640 (Tank Black Eagle) tahun 1980-an.

Tank Armata ini juga dikatakan berfitur remotely controlled gun dan fully automated loading, serta kompartemen kru terpisah yang terbuat dari bahan komposit dan terlindung oleh baju besi yang berlapis-lapis.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Angkatan Darat Rusia akan mendapatkan 2.300 tank Armata pada tahun 2020.

Tidak jelas apakah foto diatas memang prototipe tank Armata atau bukan. Cukup berbeda dengan mock up atau desain Armata yang sebelumnya Artileri kabarkan. Atau mungkin memang belum sempurna mengingat ini masih prototipe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar