Kamis, 11 September 2014

CIA: IS miliki 20.000-31.500 pejuang di Irak dan Suriah



CIA: IS miliki 20.000-31.500 pejuang di Irak dan Suriah
Militan Negara Islam (NI) bertopeng membawa pisau berbicara di sebelah seorang pria mengaku sebagai jurnalis AS James Foley di sebuah lokasi tidak diketahui dalam gambar diam dari rekaman video yang diposting melalui media sosial. (ANTARA FOTO/REUTERS/Social Media Website via REUTERS TV/djo/14 )
Washington (ANTARA News) - Pejuang Negara Islam (IS/ISIS) di Irak dan Suriah kini memiliki sekitar 20.000 sampai 31.500 pejuang di lapangan, kata Pusat Badan Intelijen (CIA) Amerika Serikat, Kamis.

Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya 10.000.

"CIA menilai Negara Islam Irak dan Levant (IS) dapat menghimpun antara 20.000 dan 31.500 pejuang di Irak dan Suriah, berdasarkan penelaahan baru laporan intelijen dari semua sumber sejak Mei hingga Agustus," kata juru bicara CIA, Ryan Trapani, dalam satu pernyataan.

"Jumlah baru ini mencerminkan peningkatan anggota karena kuatnya perekrutan sejak Juni, menyusul keberhasilan medan perang dan deklarasi kekhalifahan, aktivitas pertempuran yang lebih besar, dan tambahan kecerdasan," katanya.

Sehari sebelumnya, Presiden Barack Obama berjanji untuk memperluas serangan terhadap kelompok garis keras ISIS, demikian seperti dikutip dari AFP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar