Selasa, 27 Agustus 2013

Indonesia Penting Bagi Amerika

JAKARTA-(IDB) : Kunjungan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel ke Indonesia semakin menegaskan posisi Indonesia yang penting di mata negeri adi daya tersebut.
 
Hal itu, terutama dalam menjaga kepentingannya di kawasan Asia. Bagi AS, Asia memiliki posisi strategis dalam kebijakan luar negerinya.



Dengan posisi strategis seperti itu, AS ingin terus meningkatkan hubungan kerja sama dengan negara-negara regional termasuk Indonesia yang merupakan negara terbesar di Asia Tenggara. Hagel menilai, Indonesia adalah negara terbesar dan memiliki pengaruh cukup besar di kawasan ASEAN dan dunia.



"Asia penting bagi Amerika. Bukan berarti kawasan lain tidak penting, namun 'rebalancing' kebijakan di kawasan ini penting," tutur Hagel dalam konferensi pers usai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kantor Presiden, Senin (26/8).



Hagel mengatakan, kunjungannya ke Indonesia bukan saja dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan, melainkan juga membangun kerja sama di seluruh bidang. Ini mencakup bidang ekonomi, pendidikan, perdagangan, dan lainnya.



Saat ini, kata Hagel, Amerika terus mencari peluang dalam rangka meningkatkan kerja sama dengan negara-negara di kawasan Asia.



Itulah sebabnya, dalam pertemuan dengan SBY pagi tadi, Hagelmenilai pembicaraan mereka sangat produktif. Dalam pembicaraan tersebut, SBY dan Hagel membahas juga sejumlah isu internasional dan isu di kawasan. Atas kesempatan itu, Hagel menyampaikan terimas kasih.



"Terima kasih SBY untuk kepemimpinannya dan waktu yang dihabiskan untuk saya dan delegasi," ujar Hagel menutup keterangan



Sementara, Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro mengatakan, usai melakukan kunjungan ke Presiden SBY, dia dan Hagel akan melakukan pertemuan bilateral di Kementerian Pertahanan.


"Tadi Presiden dengan bapak Hagel berdiskusi dan berbicara mengenai isu global dan regional yang terkait Indonesia dan AS," imbuh Purnomo.





Sumber : Kontan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar