Minggu, 11 Agustus 2013

Kota Hiroshima Peringati 68 Tahun Jatuhnya Bom Atom

Puluhan ribu orang berkumpul di taman memorial perdamaian di Hiroshima Selasa ini untuk memperingati hari ulang tahun ke-68 jatuhnya bom atom AS di kota Jepang tersebut.


Kota Hiroshima Peringati 68 Tahun Jatuhnya Bom Atom
 

Para korban bom atom, keluarganya, pejabat pemerintah dan delegasi asing mengheningkan cipta pada pukul 8:15 pagi waktu setempat (Selasa 06.15 WIB), yaitu tepat pada terbakarnya kota itu oleh bom atom 68 tahun silam.

Bomber B-29 AS bernama Enola Gay menjatuhkan satu bom atom pada 6 Agustus 1945, dalam salah satu babak terakhir Perang Dunia II.

Bom itu membunuh sekitar 140 ribu orang. Tiga hari kemudian, Nagasaki juga dibom atom.

Tentara Sekutu berargumentasi bahwa serangan bom atom itu untuk cepat mengakhiri perang dan menghindarkan jutaan orang mati jika invasi darat dilakukan ke Jepang.

Jepang mengirimkan armada kapal terbesar untuk peringatan ini, dan langkah itu membuat China dan Korea Selatan meradang.

Tokyo menegaskan perayaan tahunan perdamaian itu dan pengerahan kapal induk helikopter adalah hal yang kebetulan.

Di antara yang hadir dalam perayaan Hiroshima tahun lalu adalah Clifton Truman Daniel, cucu mantan presiden AS Harry Truman, yang memerintahkan pembomatoman Jepang. Dia adalah anggota keluarga Truman pertama yang menghadiri perayaan tahunan itu.

Banyak dari korban selamat yang dikenal dengan "hibakusha" menentang penggunaan militer maupun senjata nuklir, dengan menunjuk ribuan orang yang langsung tewas akibat bom atom dan banyak lagi yang meninggal kemudian akibat radiasi dan kanker menyusul bom atom tersebut.

Sentimen anti-nuklir merebak di Jepang setelah tsunami yang dipicu gempa yang menewaskan 19.000 orang dan merusakkan PLTN Fukushima Daiichi dua tahun lalu.

Pemerintahan PM Shinzo Abe yang juga akan datang pada memorial Selasa ini adalah yang mendukung pengaktifan kembali reaktor nuklir Jepang jika keamanan terjamin. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar