Kamis, 09 Januari 2014

Pengamat Pertahaman AS Anggap China-Korut Sebagai Ancaman Besar di Asia

Kelompok pengamat pertahanan Amerika Serikat (AS) menyebutkan China bersama dengan Korea Utara (Korut) sebagai ancaman utama di Asia. AS melihat kedua Negara Komunis itu sebagai ancaman utama bagi sekutu mereka.


Pengamat Pertahaman AS Anggap China-Korut Sebagai Ancaman Besar di Asia


Melalui poling yang dilakukan oleh Defense News, sekira 47,6 persen menilai China sebagai ancaman utama bagi sekutu AS di Asia. Kemudian diikuti oleh Korut dengan 28,77 persen. Demikian diberitakan Chosun Ilbo, Rabu (8/1/2014).

Poling tersebut diikuti oleh sekira 352 pengamat militer dalam industri pertahanan. Selain itu pengamat militer di Gedung Putih dan Pentagon juga turut serta.

Adapun ancaman lain yang harus diperhatikan adalah perang cyber yang dianggap memberikan ancaman. Sekira 12,33 persen sepakat ini adalah ancaman baru bagi pertahanan.

Sementara 7,88 pengamat menilai terorisme masih menjadi ancaman dan perubahan iklim yang dianggap bisa memberi ancaman terbaru, dengan 3,08 pengamat sepakat dengan hal tersebut.

Ketika ditanya ancaman paling bahaya yang akan dialami oleh AS, 45,1 persen menilai perang cyber menjadi ancaman utama. Diikuti dengan terorisme mencapai 26,3 persen, China 14,3 persen, Iran 7,9 persen, perubahan iklim 5,8 persen dan Korea Utara 0,7 persen. (OkeZone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar