Selasa, 17 Juni 2014

Milisi Pro Rusia Tembak Jatuh Pesawat Angkut Militer Ukraina



Separatis Pro-Rusia menembak jatuh sebuah pesawat angkut militer Ukraina di timur kota Lugansk dan menewaskan beberapa orang di dalamnya.


"Para teroris dengan senjata berat memukul pesawat Ilyushin-76 milik Ukraina yang membawa tentara yang hendak mendarat di Bandara Lugansk," kata kementerian Pertahanan Ukraina dalam sebuah pernyataan pada Sabtu ini.


Kementerian itu juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para prajurit yang  tewas, tapi tidak menyebutkan jumlah tentara yang tewas.

Lugansk yang terletak di dekat dengan perbatasan Rusia adalah kota utama dari salah satu dari dua daerah timur yang dilanda kekerasan oleh separatis pro-Moskow dan yang telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kiev.

Tindakan keras anti-teroris oleh angkatan bersenjata Ukraina telah menyebabkan sedikitnya 270 orang tewas selama dua bulan terakhir ini.

Serangan itu terjadi kurang dari seminggu setelah pemberontak memerangi pemerintah yang didukung melancarkan serangan serius pada Bandara Internasional Lugansk.
"Ini pertama kalinya kami telah mendapat serangan semacam ini. Sampai sekarang, kami hanya punya beberapa pertempuran," katanya.

Separatis pro-Rusia memproklamasikan kemerdekaan "Republik Rakyat Lugansk" pada Mei lalu pada saat yang sama juga dilakukan oleh "Republik Rakyat Donetsk".

Kedua kabupaten itu telah menjadi ajang pertempuran tanpa henti antara pasukan Ukraina dan pemberontak pro-Rusia yang telah menewaskan lebih dari 200 orang sejak pertengahan April. (JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar