Rabu, 03 September 2014

PM Ukraina tolak usulan gencatan senjata Rusia



PM Ukraina tolak usulan gencatan senjata Rusia
Perdana Menteri Ukraina Arseny Yatseniuk (REUTERS/Andrew Kravchenko/Pool)
Kiev (ANTARA News) - Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk pada Rabu menolak usulan gencatan senjata Presiden Rusia Vladimir Putin dan menyebutnya sebagai upaya untuk mengecoh masyarakat internasional mengenai niat sesungguhnya dari Moskow.


"Usulan yang terbaru itu adalah upaya untuk mengecoh masyarakat internasional menjelang pertemuan puncak NATO dan juga upaya menghentikan Uni Eropa yang akan memberikan sanksi bagi Rusia," kata Yatsenyuk dalam pernyataan resmi, lapor AFP..

"Rencana terbaik untuk mengakhiri perang Rusia melawan Ukraika hanya satu--yaitu penarikan pasukan Rusia dan teroris kaki tangannya dari wilayah Ukraina," kata dia.

Komentar tersebut disampaikan Yatsenyuk meskipun sebelumnya Presiden Petro Poroshenko mengaku telah menyetujui rencana perdamaian dengan Putin untuk mengakhiri konflik di wilayah timur Ukraina yang telah berlarut selama lima bulan.

Usulan Rusia, yang akan disampaikan Putin menjelang pertemuan puncak NATO di Wales pada Kamis, rencananya akan dirundingkan pada Jumat oleh Ukraine Contact Group--yang terdiri dari wakil pemerintahan Kiev, kelompok separatis, Moskow, dan badan keamanan pan-eropa OSCE.

Sementara itu NATO sendiri berencana untuk menempatkan ribuan tentara di wilayah timur. Kebijakan itu dikritik Rusia karena dinilai sebagai bukti niat buruk NATO untuk menaikkan ketegangan dengan Moskow.


antaranews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar