Senin, 07 September 2015

Apa dan Mengapa Hanggar Sukhoi Su27/30 Indonesia Vietnam


image
Hanggar Jet Tempur Sukhoi SU27/30 Vietnam
Angkatan Udara Irak di bawah Presiden Saddam Hussein hampir sepenuhnya kehilangan kekuatan udara untuk melawan Negara Multi-Nasional di hari awal Perang Teluk pecah, pada tahun 1991.
Seluruh pangkalan udara Irak serta di Kuwait (yang sudah dikuasai Irak) dilumpuhkan oleh Sekutu dengan rudal jelajah dan pesawat yang menghujani pangkalan dan hanggar pesawat sebelum perang darat dimulai.

Hanggar dengan beton bertulang yang sangat kokoh dibangun oleh Perancis di Ahmed Al Jaber Kuwait (diinvasi Irak) dihantam dengan bom yang presisi. Dengan demikian, kita dapat melihat, perang asimetris ini, Irak sebagai pihak yang lemah tidak memiliki cukup kekuatan untuk melindungi langit mereka, untuk mencegah atau menangkis, sehingga Irak harus membayarnya dengan mahal.
Apalagi kini bom presisi memiliki kontrol yang tepat dan kekuatan destruktif yang lebih mengerikan daripada awal tahun 1990. Jadi, apakah layak berinvestasi untuk membangun sesuatu yang mahal yang akan hancur sama sekali setelah pemboman atau tembakan rudal jelajah ?.
Hanggar pesawat Kuwait (yang telah dianeksasi Irak) terbuat dari beton kokoh oleh Prancis, namun hancur oleh serangan awal Multi Nasional, Perang Irak 1991
Hanggar pesawat Kuwait (yang telah dianeksasi Irak) terbuat dari beton kokoh oleh Prancis, namun hancur oleh serangan awal Multi Nasional, Perang Irak 1991
Lebih jauh lagi, sulit untuk membangun bandara militer skala modern, hanggar hanggar permanen seperti AS, Rusia, India India dan Israel, yang dilindungi oleh beberapa tingkat senjata.
Namun yang menjadi prinsip dasar, pesawat tidak bisa dibiarkan terkena hujan, sorotan matahari sepanjang tahun. Cuaca merupakan salah satu faktor yang berdampak pada senjata. Secara khusus, Vietnam dan Indonesia memiliki iklim umum tropis, dengan karakter udara panas dan lembab sangat tinggi.
Faktor ini sangat menakutkan, dan secara serius mempengaruhi kehidupan dan daya tahan pesawat, terutama akurasi peralatan elektronik canggih, jika perawatan tidak tepat, mungkin menyebabkan kerusakan, dan mengurangi kesiapan tempur dari pesawat.
Bagaimana untuk melestarikan pesawat Su-27/30 dalam kondisi terbaik, media menyimpan dan dapat dengan cepat mengevakuasi pesawat, senjata dan amunisi untuk mencegah peluang p mbalasan ketika dihadapkan dengan serangan udara?.
Jet tempur Sukhoi TNI AU, somewhere out there
Jet tempur Sukhoi TNI AU, somewhere out there
Angkatan Udara Vietnam dan Indonesia yang memiliki Su-27 / 30MK2, memilih alternatif hanggar dengan konstruksi baja prefabrikasi. Mengapa demikian?
Pertama, memenuhi persyaratan kerai penutup hujan.
Setelah terjadi perang asimetris, bandara udara militer akan menjadi tempat pertama dari penyergapan. Selain landasan pacu, apron, area penyimpanan pesawat akan menjadi prioritas dari serangan sejumlah besar amunisi lawan. Oleh karena itu, seperti dalam kasus Vietnam, hanggar belum tentu membutuhkan anti-bom, beton kokoh bertulang khusus yang harganya sangat mahal. Oleh karena itu, bangunan baja adalah pilihan yang optimal.

Shelter Jet Tempur SU 27/30 TNI AU
Shelter Jet Tempur SU 27/30 TNI AU
Kedua, memenuhi persyaratan cepat, murah.
Karena ini adalah produk murni untuk konsumen umum, perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan bangunan baja dapat membuat dengan cepat dan harga terjangkau.

Ketiga, fleksibilitas dalam bentuk, aperture.
Kemampuan rentang bangunan yang bisa dibuat dengan mudah sesuai dengan kebutuhan dan ukuran pesawat.

Hanggar Pesawat TNI AU
Hanggar Pesawat TNI AU
Keempat, tahan gempa dan badai.
Perusahaan baja prefabrikasi membuatnya tidak ada dinding sehingga meminimalkan tekanan angin, dan juga memiliki deformasi struktural lebih baik dari beton, jadi jika perlu dibuat desain standar dan konstruksi yang akan menahan bencana apapun. Juga ketika diperlukan, bangunan baja prefabrikasi ini dapat dengan cepat dibongkar, pindah dan didirikan di lokasi lain dengan sangat mudah.

Jadi, tidak mengherankan, baik Vietnam dan Indonesia juga memilih bangunan baja sebagai solusi optimal untuk membangun hanggar yang berisi pesawat tempur Su-27SM dan Su-30MK2.
Binh Nguyen
soha.vn
Foto : Formil Kaskus

1 komentar: