Rabu, 02 September 2015

Kolombia Ingin Perdalam Kerjasama Pertahanan dengan Indonesia


Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Kolombia untuk Indonesia H.E. Mr. Alfonso Garzon Mendez, Senin (31/8) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.
 

Kunjungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama kedua negara khususnya di bidang pertahanan. Dubes Kolombia menyampaikan bahwa Pemerintah Kolombia ingin memperluas dan memperdalam kerjasama kedua negara di bidang pertahanan.


Untuk itu Dubes Kolombia dalam kesempatan tersebut  lebih lanjut menanyakan terkait kelanjutan dari usulan draft MoU tentang persetujuan kerjasama di bidang pertahanan yang telah diajukan pihak Kolombia kepada Indonesia.


Menanggapi apa yang disampaikan oleh Dubes Kolombia, Menhan RI menyampaikan bahwa Indonesia melalui Kemhan RI menghargai inisiatif Kolombia untuk mengadakan persetujuan kerjasama di bidang pertahanan. 


Dijelaskannya, usulan draft MoU yang telah disampaikan Kolombia tersebut saat ini masih dalam pembahasan Kemhan RI bersama dengan Kementerian Luar Negeri. 

Mengingat masih banyaknya draft usulan dari negara-negara lain yang lebih awal diajukan dan belum seluruhnya dapat ditindaklanjuti, serta masih banyaknya persetujuan yang sudah ditandatangani tetapi belum diratifikasi, maka keinginan pihak Kolombia untuk mengadakan persetujuan kerjasama pertahanan belum dapat ditindaklanjuti. 


Namun demikian, meskipun MoU tentang persetujuan kerjasama  pertahanan antara Indonesia dan Kolombia belum ditandatangani, kedua negara tetap dapat melakukan kerjasama di bidang pertahanan atas dasar niat baik melalui program atau kegiatan yang disepakati bersama.

Kerjasama bilateral di bidang pertahanan dapat tetap dilaksanakan oleh kedua negara khususnya kerjasama dalam menghadapi ancaman nyata yang dihadapi bersama ,seperti  ancaman narkoba dan kejahatan lintas negara lainnya termasuk terorisme serta kerjasama dalam penanggulangan bencana alam.

Sumber : DMC

1 komentar: