Minggu, 22 September 2013

Iran Tampilkan Rudal Mutakhir Di Parade Militer



TEHRAN-(IDB) : Dalam parade militer Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran hari ini, Ahad (22/9) dipamerkan rudal-rudal balistik dan berdaya jangkau 2000 kilometer produk  Pasukan Garda Revolusi Islam atau Pasdaran yang sebelumnya tidak pernah dipamerkan di depan umum.
 


Fars News (22/9) melaporkan, parade militer 31 Shahrivar Angkatan Bersenjata Iran setiap tahunnya digelar di awal Pekan Pertahanan Suci di halaman kompleks makam Imam Khomeini, pendiri Republik Islam Iran. Kali ini parade militer tahunan itu menampilkan rudal-rudal balistik berdaya tempuh 2000 kilometer produk Pasdaran dari tipe Sejjil, Qadr F dan Qadr H.


 


Pada parade militer tahun lalu sekalipun rudal-rudal ini ditampilkan namun tidak sebanyak sekarang. Parade tahun ini untuk pertama kalinya memamerkan 12 unit Sejjil bahan bakar padat dan 18 unit Qadr.


 


Rudal-rudal ini mampu menghantam wilayah-wilayah yang diduduki rezim Zionis Israel, jika Iran diserang.


 


Kemarin malam Jenderal Hossein Salami, Wakil Komandan Pasdaran dalam wawancaranya dengan stasiun televisi Iran mengatakan, "Jika dalam kondisi perang kita bisa melesakkan 1000 rudal, hari ada puluhan ribu unit rudal seperti itu di gudang-gudang kita."


 


Rudal-rudal balistik jarak jauh adalah salah satu elemen utama doktrin pertahanan Republik Islam Iran. Kehadiran rudal-rudal tersebut di sejumlah parade militer banyak memicu reaksi media-media Barat.


 


Di antara perlengkapan tempur yang dipamerkan dalam parade militer hari ini terlihat rudal Fakour 90 yang dipasang pada jet tempur F-14. Selain itu dipamerkan juga beberapa unit smart bomb, Ghased. Pada parade militer kali ini, Rudal Fakour untuk pertama kalinya dipamerkan.


 


Hadirin dalam parade ini juga menyaksikan radar-radar Shahab, Samen, Matla-ul-Fajr, Kasta, NEBO, juga sistem komunikasi mobil paling mutakhir.


 
Sistem pertahanan rudal jarak jauh S200 dan Ya Zahra 3 juga menjadi salah satu pemandangan menarik dalam parade militer tahun ini.




Sumber : Irib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar