Selasa, 24 September 2013

Korut Diduga Kembangkan Komponen Penting Bom Nuklir

Foto: Reuters
 
SEOUL:(DM) - Perkembangan terbaru mengenai teknologi nuklir Korea Utara (Korut) masih terus digali. Kali diyakini bahwa ilmuwan Korut mampu membuat alat penting yang dijadikan dasar bom nuklir.

Kemampuan dari Korut ini diungkap oleh publikasi sains Korut. Media-media setempat juga menunjukkan bahwa Pyongyang mulai menguasai produksi massal dari komponen penting dari sentrifugal yang bisa membuat bom nuklir.


Upaya yang dilakukan Korut tersebut merupakan imbas dari embargo oleh pihak barat. Perkembangan terbaru ini membuat upaya pelucutan senjata nuklir Korut makin sulit. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (24/9/2013).

Bila Korut mampu membuat komponen penting tersebut, pihak asing tentunya tidak akan mampu melacak impor nuklir Korut. Tentunya hal ini bisa mengakhiri isolasi, pengendalian, sanksi serta pengawasan terhadap nuklir Korut.


Pihak Barat mengkhawatirkan, kemampuan mandiri Korut ini bisa membahayakan dunia. Dikhawatirkan, amat sulit untuk menangkap Korut dengan bukti-bukti nuklir yang ada. (faj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar