Kamis, 30 Oktober 2014

Sumber: Ukraina, Rusia dan Uni Eropa sepakati pasokan gas


Sumber: Ukraina, Rusia dan Uni Eropa sepakati pasokan gas
Ilustrasi. Perdana Menteri Slowakia Robert Fico (kiri), Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatseniuk (tengah), dan Direktur Pasar Energi untuk Komisi Eropa Klaus-Dieter Borchardt membuka jalur pipa gas Vojany-Uzhhorod saat acara peluncuran di stasiun kompresor di perbatasan Slowakia-Ukraina di Velke Kapusany, Selasa (2/9). Ukraina mulai menguji impor gas dari Slowakia pada bulan Agustus melalui jalur pipa yang ditingkatkan, di saat Ukraina berusaha mengamankan kemandirian energi dari Rusia. (REUTERS/David W Cerny)
Brussel (ANTARA News) - Rusia setuju untuk melanjutkan pengiriman gas ke Ukraina hingga musim dingin dalam sebuah kesepakatan ditengahi Uni Eropa yang dicapai oleh ketiga pihak di Brussel pada Kamis, kata sebuah sumber Uni Eropa.


Rincian akan diuraikan oleh Kepala Komisi Eropa Jose Manuel Barroso serta menteri energi Rusia dan Ukraina selama konferensi pers yang diumumkan akan digelar pukul 20.45 GMT, kata sumber yang tidak bersedia disebutkan namanya, lapor AFP.

Utang Ukraina 3,1 miliar dolar AS (2,5 miliar euro) akan diselesaikan dalam dua angsuran, angsuran pertama akan segera dan yang lain pada akhir tahun, kata sumber lain.

"Ukraina memiliki uang untuk membayar," tambah sumber itu.

Kesepakatan itu menetapkan harga 385 dolar AS per 1.000 meter kubik selama kontrak, yang berlangsung dari November tahun ini hingga akhir Maret 2015, kata sumber.

Pembayaran akan dilakukan di muka untuk bulan berikutnya.

Kiev mencari dan memperoleh jaminan bahwa harga tidak akan berubah selama kontrak, sumber tersebut menambahkan. 


REUTERS 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar