Sabtu, 25 Juli 2015

Dua pemimpin ISIS tewas kena ranjau yang dipasang anak buah sendiri

Ranjau darat di Desa Kharbadan, sebelah tenggara Kota Mosul, Irak, meledak sehingga menewaskan dua pimpinan kelompok militan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS). Ironisnya, ranjau itu ternyata dipasang oleh anak buah mereka sendiri.

Tabloid Mirror melaporkan, Kamis (23/7), yang tewas adalah pemimpin administratif ISIS untuk kawasan Mekhmour sekaligus Kirkuk.


Mobil petinggi ISIS meledak kena ranjau

"Pemimpin (ISIS) yang tewas dipastikan Abu Malik dan Abu Abdul-aziz," kata pemimpin pasukan Kurdi Peshmerga, Ali Hussein.

Insiden itu terjadi akhir pekan lalu. Rombongan Abu Malik lewat dalam perjalanan menuju Mosul. Nahas, mobil yang ditumpangi si pemimpin wilayah ini malah menyenggol ranjau yang dipasang di tengah jalan. Dalam video dilansir liveleak, bom itu berdaya ledak cukup besar, membuat mobil Abu Malik membumbung tinggi, sehingga kemudian meledak untuk kali kedua di udara.



Pasukan Kurdi mengaku tidak memasang bom di jalanan tersebut. Pemasangan ranjau itu justru dilakukan ISIS beberapa bulan sebelumnya, untuk mengincar pasukan Kurdi yang sering lewat daerah tersebut. "Kami ingat, ranjau-ranjau itu dipasang sejak pertempuran kami yang terakhir di sekitar Kharbadan," kata Hussein.

Pasukan militan pembela khilafah Islamiyah gaya baru kini sedang menghindari daerah Mekhmour. Ratusan jihadis terpaksa kembali ke Mosul karena meningkatnya serangan udara Koalisi Amerika Serikat. (Merdeka)

1 komentar: