Senin, 20 Juli 2015

PM Ukraina klaim Putin bakal 'hilangkan' Ukraina

Perdana Menteri Ukraina, Arseniy Yatsenyuk, mengklaim Presiden Rusia, Vladimir Putin bakal 'menghilangkan' Ukraina agar daerah tersebut bisa diraih kembali. Untuk menghilangkan Ukraina, Yatsenyuk mengatakan Putin terus membuat konflik antara pemerintah dengan pemberontak Ukraina.



"Tujuan Putin adalah membunuh proyek Ukraina, dan itu hanya untuk menghilangkan Ukraina. Saya tidak ragu," ujar Yatsenyuk, seperti dilansir dari laman The Independent.

Yatsenyuk juga mengatakan ada bukti tak terbantahkan terhadap pengelakan Rusia mendukung pejuang separatis di ujung timur Ukraina.

"Saya sangat yakin, pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh Rusia dengan menggunakan pejuang separatis yang ada di ujung timur Ukraina. Saya yakin Rusia dalang dibalik penembakan itu," lanjut dia.



Sebuah bukti yang ditunjukkan keamana Ukraina, BUK-M1 merupakan rudal buatan Rusia. Hal itu ditunjukkan sebagai bukti Rusia ada dibalik jatuhnya pesawat MH17 rute Amsterdam-Kuala Lumpur ini.

Selain itu, kekuatan separatis Rusia juga dinyatakan beroperasi di sekitar lokasi kecelakaan di Hrabove. Namun pemimpin mereka, Igor Girkin membantah terlibat dalam penembakan tersebut. Malahan belakangan, diketahui dia mencari uang Rp 12 triliun untuk membantu 18 penumpang, enam di antaranya warga Inggris. (Merdeka)

1 komentar: