Rabu, 01 Juli 2015

Kurdi rebut Tal Abyad dari ISIS



Kurdi rebut Tal Abyad dari ISIS
Pejuang Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) (REUTERS/Rodi Said )
Beirut (ANTARA News) - Pasukan Kurdi Suriah menduduki kembali sepenuhnya Tal Abyad, Rabu, dengan mengusir para laskar Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sebelumnya menguasai sebuah distrik di kota perbatasan yang strategis ini, kata Observatorium HAM Suriah seperti dikutip AFP.


"Para pejuang Kurdi telah mengusir ISIS dari distrik Mashur al-Fawqani yang mereka duduki kemarin (Selasa)," kata Rami Abdel Rahman, Kepala Observatorium HAM Suriah.

Dia mengatakan paling sedikit tiga pejuang Kurdi dari Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dan empat militan ISIS terbunuh dalam pertempuran Rabu ini.

Juru bicara YPG Redur Khalil memastikan kota itu sepenuhnya dikuasai pasukannya.

"Kelompok Daesh (ISIS) yang memasuki distrik Mashur al-Fawqani telah sepenuhnya dihancurkan dan diusir dari wilayah itu," kata dia kepada AFP.

Dia mengatakan tiga militan ISIS terbunuh dalam pertempuran ini, sedangkan militan keempat yang tewas adalah akibat meledakkan diri.

Tal Abyad, di perbatasan Turksi, sebelumnya menjadi kubu pertahanan ISIS yang menjadi kunci bagi ISIS untuk mendapatkan senjata dan rekrutmen baru, selain menjadi jalur ekspor minyak gelapnya.

Namun sekitar dua pekan lalu, pasukan Kurdi yang disokong pemberontak Suriah dan bombardemen udara pimpinan AS, merebut kota itu dari ISIS.

Pasukan ISIS sempat melancarkan serangan dadakan ke kota itu Selasa kemarin, dengan menguasai distrik Mashur al-Fawqani lewat pertarungan sengit.

Namun Rabu pagi ini, kota itu telah sepenuhnya dikuasai kembali pasukan Kurdi, kata Observatorium.


antaranews

1 komentar: