Minggu, 23 Agustus 2015

Pesawat Tempur Golden Eagle Siap Dipamerkan di Yogyakarta


Dua pesawat tempur taktis T50 Golden Eagle tampak beraksi di langit Yogyakarta, Jumat (21/8/2015). Beberapa kali mereka melakukan flypass di atas Lanud Adisutjipto untuk akhirnya benar-benar mendarat dengan kondisi keterbatasan jalur runway.
 
Ini adalah pendaratan pertama kali dua pesawat tempur Golden Eagle ke Lanud Adisutjipto setelah pengadaannya pada 2014 silam.



Pilot Golden Eagle sekaligus merupakan Komandan Skuadron 15 Iswahjudi Madiun, Letkol Pnb Marda Sarjono, setelah berhasil landing dan memarkirkan pesawat tempurnya di Base Ops Lanud Adisutjipto, mengatakan pihaknya datang ke Yogyakarta dalam rangka untuk memenuhi permintaan kunjungan bilateral Royal Thai Air Force (RTAF).

Marda Sarjono mengungkapkan bahwa pihak pemerintah Thailand berencana akan membeli pesawat T50 Golden Eagle dan ingin terlebih dahulu menyaksikan kehebatan pesawat tempur buatan Korea Selatan ini.

"Kami ke Yogyakarta dalam rangka statik show bilateral antara RTAF dan Indonesia. RTAF sangat mengapresiasi pesawat tempur ini dan ingin melihat kemampuan dan manuver dari Golden Eagle," ujarnya.

Indonesia memang terlebih dahulu memiliki pesawat tempur ini, dengan total jumlah pembelian sebanyak 16 unit. T50 Golden Eagle saat ini bermarkas di Skuadron 15 Iswahjudi, Madiun.

"Golden Eagle adalah pesawat tempur ringan, yang menjembatani ke pesawat yang bertekonologi lebih canggih seperti F16 dan sukhoi," jelasnya.

Sumber : Tribun

1 komentar: