Sabtu, 10 Januari 2015

Tentara Nigeria berjuang rebut kota yang dikuasai Boko Haram

Militer Nigeria bekerja keras untuk membebaskan kota yang direbut oleh anggota Boko Haram di Negara Bagian Borno, yang bergolak di bagian timur-laut negeri itu, kata seorang pejabat pemerintah.


Tentara Nigeria berjuang rebut kota yang dikuasai Boko Haram
Tentara Nigeria

Operasi militer saat ini sedang dikaji untuk meningkatkan logistik dan dukungan buat mereka guna mengalahkan gerilyawan fanatik tersebut, kata Mike Omeri, Koordinator Pusat Informasi Nasional, dalam satu taklimat di Abuja.

Saat itu, ia memberi penjelasan terkini mengenai operasi militer yang berlangsung di wilayah tersebut.



Omeri mengatakan situasi di kota kecil Baga telah membaik setelah kelompok Boko Haram merebut pangkalan pasukan tugas gabungan multinasional di sana.

Pasukan pemerintah sedang dilatih untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan mereka, sementara kegiatan pengawasan, berbagi keterangan dan penyelarasan kegiatan juga ditingkatkan, kata Xinhua.

Sementara itu, konsultasi sedang berlangsung di kalangan kepala keamanan dan rekan mereka yang sudah pensiun, penguasa tradisional dan pemegang saham lain yang kritis agar pengalaman mereka memberi hasil dalam perang melawan gerilyawan fanatik, tambah pejabat tersebut.

Ia menjamin rakyat Negara Bagian Borno, Yobe dan Adamawa bahwa pemerintah sedang berusaha keras untuk memulihkan kondisi normal. Tapi ia menambahkan itu akan dilakukan dengan cara mengurangi korban jiwa dan harta benda.

Boko Haram, yang telah terbukti menjadi ancaman utama keamanan di Nigeria, negara yang berpenduduk paling padat di Afrika, berusaha memasukkan hukum syariah ke dalam undang-undang dasar Nigeria. (Antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar