Senin, 25 Agustus 2014

Merkel: politik solusi tunggal untuk Ukraina


Merkel: politik solusi tunggal untuk Ukraina
Kanselir Jerman Angela Merkel (ANTARA FOTO/REUTERS/Francois Lenoir)
Berlin (ANTARA News) - Kanselir Jerman, Angela Merkel, Minggu, menegaskan bahwa tidak ada solusi lain untuk krisis Ukraina selain politik.


"Saya sangat percaya bahwa hanya solusi politik yang mungkin bagi Uni Eropa, tetapi juga Jerman ingin membantu dan juga harus membantu," ujarnya.

"Tidak akan ada solusi militer untuk mengatasi konflik ini. Itulah mengapa pembicaraan politik mutlak diperlukan," kata Merkel dalam satu wawancara dengan televisi ARD Jerman.

Pembicaraan-pembicaraan mendatang antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko di Minsk tidak mungkin untuk memberikan terobosan yang akan menyelesaikan krisis di Ukraina, tetapi pertemuan itu penting, kata Merkel sehari setelah kunjungan resminya ke Kiev.

"Selalu ada dua sisi konflik apapun sehingga itu baik jika Presiden Rusia [Vladimir] Putin bertemu dengan Presiden Ukraina [Petro] Poroshenko Selasa.

"Kunjungan saya ke Kiev adalah persiapan untuk pertemuan tersebut, yang tentu saja tidak akan menghasilkan terobosan, tetapi Anda harus berbicara dengan satu sama lain jika Anda ingin menemukan solusi," kata Merkel menyimpulkan.

Putin dijadwalkan untuk bertemu dengan Poroshenko di ibu kota Belarusia, Minsk, pada 26 Agustus.

Pertemuan ini juga akan mencakup para pemimpin puncak Uni Eropa dan Uni Bea Cukai. Menurut layanan pers Poroshenko, pertemuan akan membahas sejumlah isu politik dan ekonomi yang mendesak, termasuk stabilisasi situasi di wilayah timur Ukraina.

Sejak pertengahan April, pihak berwenang Kiev telah melakukan operasi militer di Ukraina timur untuk menindak para pendukung kemerdekaan yang menolak mengakui legitimasi pemerintahan baru.

Lebih dari 2.000 orang telah tewas dan lebih dari 5.000 terluka sejak awal ofensif Kiev, kata PBB.


REUTERS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar