Selasa, 19 Agustus 2014

Ulangi Kisah Osama, 100 Agen CIA Buru Bos ISIS

Sekitar 100 agen rahasia CIA dan pasukan khusus Amerika Serikat (AS) dikerahkan untuk memburu pemimpin kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi, 42.


Ulangi Kisah Osama, 100 Agen CIA Buru Bos ISIS
Pasukan khusus AS dan target buruannya, Abu Bakar al-Baghdadi (kanan bawah). | (Mirror)

Pemerintah AS menganggap perburuan terhadap Baghdadi mirip dengan perburuan pendiri al-Qaeda, Osama bin Laden. Sebab, seperti halnya Osama bin Laden, Baghdadi juga dijuluki AS sebagai “hantu” karena tidak meninggalkan jejak, meskipun pengikutnya banyak.



Ini adalah perburuan kontra teror terbesar AS sejak mereka berhasil melacak dan membunuh Osama bin Laden tahun 2011. AS juga mengerahkan pesawat mata-mata, citra satelit dan melakukan penyadapan telepon untuk membantu perburuan itu.

“Al-Baghdadi sulit dipahami tetapi ia akan ditemukan pada akhirnya,” kata sumber intelijen AS, seperti dikutip Mirror, Senin (18/8/2014) .”Pasukannya yang meregang sehingga panggilan telepon pasti akan dilakukan. Ini yang akan jadi titik lemah (Baghdadi),” lanjut sumber itu.

Sementara itu, Inggris juga ikut mengerahkan pesawat mata-mata untuk ikut memerangi ISIS. Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, mengisyaratkan bahwa pasukan Inggris bisa terlibat dalam pertempuran dengan ISIS.

”Kita tidak bisa tahu persis bagaimana hal ini akan terungkap. Ini bukan sekadar misi kemanusiaan,” ujar Fallon. (Sindo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar