Senin, 25 Agustus 2014

TNI-AU Siapkan Dua Sukhoi Amankan Konferensi PBB untuk Peradaban




Nusa Dua (MI) : TNI Angkatan Udara mengerahkan dua unit pesawat tempur Sukhoi untuk melakukan pengamanan wilayah udara di Bali dalam rangka pelaksanaan pertemuan United Nations Alliance of Civilization (UNAOC), atau Konferensi Aliansi PBB untuk Peradaban, pada 29-30 Agustus 2014 di Nusa Dua.

"Kami siapkan alutsista (alat utama sistem persenjataan), yakni pesawat tempur Sukhoi yang siaga di Pangkalan Udara TNI AU Hassanudin di Makassar," kata Komandan Satuan Tugas Penerangan Komando Operasi Pengamanan VVIP, Kolonel Infantri Bernardus Robert di Nusa Dua, Bali, Senin (25/8).
Menurut dia, selain pesawat canggih buatan Rusia itu, pihaknya juga menyiagakan satu unit pesawat Heli MI-35, pesawat tempur F-16 sebanyak empat unit yang siaga di Pangkalan Udara Ngurah Rai, dan Satuan Tembak Rudal QW (1).

TNI, lanjut Bernardus, juga telah membentuk satuan tugas Komando Operasi Pengamanan VVIP untuk menjamin kelancaran pertemuan ke-6 itu.
Pihaknya juga telah menyiapkan petugas penembak jitu yang dempatkan di sejumlah titik strategis di sekitar lokasi konferensi untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan.
"Di tempat strategis yang dimungkinkan timbul masalah kerawanan, kami akan persiapkan itu (penembak jitu)," ujarnya.

Konferensi ke-6 Aliansi Peradaban PBB itu dijadwalkan dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban ki-Moon, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, serta sejumlah menteri luar negeri dan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Tema pertemuan itu mengangat "Persatuan dalam Keberagaman" sesuai dengan semboyan Indonesia yakni "Bhinneka Tunggal Ika".




Sumber : Beritasatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar