Kamis, 25 Desember 2014

'Pembunuh' Osama Dicecar Militer Amerika Serikat

Mantan anggota pasukan khusus Navy SEAL Amerika Serikat yang mengaku sebagai penembak mati Osama bin Laden saat penggerebekan, Robert O'Neill diperiksa Angkatan Laut AS. Pria berusia 38 tahun diinterogasi atas dugaan telah membeberkan informasi militer yang dianggap rahasia.


Pria Ini yang Tembak Mati Osama Bin Laden
Pria Ini yang Tembak Mati Osama Bin Laden

Juru bicara AL AS, Ryan Perry mengatakan, pihak penyidik akan mencecar klaim yang baru-baru ini dilontarkan O'Neill sebagai anggota Navy Seal yang membunuh Osama.



"Interogator akan menanyakan seputar dugaan O'Neill membocorkan informasi kepada pihak-pihak yang tak diizinkan untuk mengetahui info tersebut," kata Perry, seperti dimuat Al-Arabiya, Rabu (24/12/2014).

O'Neill sebelumnya mengungkapkan kepada Washington Post dalam sebuah wawancara bahwa dialah yang melepaskan tembakan fatal itu. Kata dia, dalam peristiwa itu dia dan satu orang rekannya naik ke lantai 3 di sebuah bangunan dan melihat Bin Laden mengintip dari salah satu ruangan.

Menurut pria yang pernah menjadi prajurit Navy SEAL itu, rekannya melepaskan tembakan tetapi tidak kena. O'Neill kemudian masuk ke ruangan itu dan membunuh pemimpin Al-Qaeda itu dengan tembakan di kepala.

Kata O'Neill, dirinya memutuskan untuk membuka rahasia proses pembunuhan Osama ke publik atas desakan para keluarga korban tragedi WTC 9/11. Pihak keluarga ingin mengetahui siapa sebenarnya yang membunuh pemimpin Al Qaeda yang dianggap bertanggung jawab atas serangan teror di Washington pada 11 September 2001.

"Keluarga korban mengatakan kepadaku bahwa informasi itu membantu mereka untuk melupakan tragedi dan merelakan kepergian orang kesayangan mereka," kata pria yang baru-baru ini menghajar lima berandalan yang menyatroni rumahnya.

Selain O'Neil, prajurit AS lain yang mengklaim sebagai 'algojo' Osama, yakni Matt Bissonnette yang juga terlibat dalam serangan pengepungan terhadap Osama. Lewat bukunya bertajuk "No Easy Day", Bissonnette mengklaim dirinya lah yang membunuh Bin Laden.

Sebelumnya, berkembang pertanyaan apakah benar Osama Bin Laden tewas. Sebab, tak ada foto jasadnya yang beredar. Presiden Barack Obama kala itu mengatakan, jika diungkap, foto itu bisa memicu kekerasan terhadap warga AS.

Selain itu, Osama tak dimakamkan. Pemerintah AS memutuskan untuk menguburkannya di lautan. Jasad Osama dilarung dari kapal induk USS Carl Vinson.  (Liputan6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar