Senin, 15 Juni 2015

KRI BJM-592 Membuat Italia Melirik Industri Perkapalan Indonesia


KRI Banjarmasin (BJM) 592, yang tengah menjalani Operasi Kartika Jala Krida dan membawa rombongan Taruna ke World Expo Milan 2015, berhasil membuat pihak pemerintah dan swasta setempat tertarik.

Performa kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) buatan PT. PAL membuat pihak pemerintah dan pebisnis swasta Italy mulai memperhitungkan kemampuan Industri Perkapalan Indonesia.


 
“Sudah ada dari pihak pemerintah Itali dan swasta yang ingin bertemu saya di Roma, dan mereka ingin mengetahui lebih detil mengenai industri perkapalan kita. Mereka berharap bisa membangun kerjasama di sektor industri perkapalan.

” Ungkap August Parengkuan, Duta Besar Indonesia untuk Italy saat menghadiri jamuan makan makan malam di atas KRI BJM-592 di Dermaga Veneccio Porte Genoa, Itali (08/6).

“Mereka tertarik karena KRI Banjarmasin ini ternyata buatan Indonesia. Mereka kagum dan tidak menyangka kita bisa membangun kapal sebaik ini,” jelasnya.

“Jika saat ini Pemerintah kita mulai memperhatikan pembangunan maritim, kedatangan KRI Banjarmasin di sini sangat tepat karena Italy sangat kuat di industri maritim. Italy dikeliling oleh laut dan pelabuhan mereka sangat bagus”. Lanjut Dubes.

Senada dengan Dubes, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda Aan Kurnia yang saat itu turut hadir, menyatakan sangat bangga dengan kemampuan KRI Banjarmasin.

“Seperti kita ketahui, Angkatan Laut Filipina sudah memesan dua unit kapal jenis LDP seperti ini. Nah, ketertarikan pihak Italy saat ini semakin memberi bukti bahwa produk dalam negeri kita memang diakui kualitasnya” Tutupnya.

Sumber : Jurnalmaritim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar