Senin, 29 Juni 2015

Tak cuma presidennya, dua menteri Prancis juga disadap AS



Tak cuma presidennya, dua menteri Prancis juga disadap AS
Ilustrasi (grafis)
Paris (ANTARA News) - Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) telah menyadap komunikasi dua menteri keuangan Prancis dan mengumpulkan informasi mengenai kontrak-kontrak ekspor, perdagangan dan pembicaraan anggaran belanja Prancis, bunyi dokumen yang dibocorkan WikiLeaks seperti dikutip Reuters.


WikiLeaks mengungkapkan para menteri yang dibidik ini adalah Francois Baroin dan Pierre Moscovici, yang menjabat menteri keuangan dari 2011 sampai  2014.

Beberapa hari lalu muncul laporan AS juga menyadap tiga presiden Prancis dari 2006 sampai 2012.

WikiLeaks mengatakan salah satu dokumen berwaktu tahun 2002 dan 2012, menyebutkan NSA telah meminta dinas intelijen Australia, Inggris, Kanada, dan Selandia Baru untuk mengumpulkan informasi mengenai kontrak ekspor Prancis senilai 200 juta dolar AS dalam sektor telekomunikasi, listrik, energi nuklir, transportasi dan kesehatan.

Satu dokumen bocor lainnya memperlihatkan percakapan telepon antara Moscovici yang kini bekerja di Uni Eropa dengan seorang senator sosialis, yang tengah membahas buruknya perekonomian Prancis dan anggaran belanja negara itu.


antaranews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar