Senin, 29 Juni 2015

Suriah rebut kembali Hasakeh dari ISIS



Suriah rebut kembali Hasakeh dari ISIS
Pasukan pemerintah Suriah (REUTERS/Social Media Website via Reuters TV Damascus)
Beirut (ANTARA News) - Pasukan pemerintah Suriah menduduki lagi beberapa bagian kota Hasakeh dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Senin waktu setempat, namun pertarungan sengit masih terus berlanjut, kata Observatorium HAM Suriah seperti dikutip AFP.


Observatorium mengatakan pasukan pemerintah menduduki distrik Al-Nashwa di selatan Hasakeh yang dimasuki ISIS sejak Kamis pekan lalu.

Namun perang sengit masih terus berlanjut di sekeliling kota di mana kedua belah pihak saling membom, selain juga diwarnai pemboman dari udara.

"Di Hasakeh, perang terus berlanjut hari ini, dan tentara (pemerintah) memburu Daesh (ISIS) di mana pun tentara menemukan mereka," kata seorang sumber keamanan di Damaskus.

"Daesh kebanyakan menduduki bagian-bagian dari distrik Al-Nashwa. Mereka berusaha menduduki wilayah-wilayah lainnya, namun tentara memukul mundur mereka," sambung dia.

ISIS melancarkan ofensif ke Hasakeh pekan lalu dengan masuk dari arah selatan dan menguasai dua daerah sekitar kota ini.

Kota ini dibagi antara yang dikuasai pasukan pemerintah dan satu bagian lagi dikuasai pasukan Kurdi dan ISIS terus membom bagian Hasekeh yang dikuasai Kurdi ini.

Menurut PBB sekitar 60 ribu orang tercerai berai di Hasakeh yang sebelum perang berpenduduk 300 orang, demikian AFP.


antaranews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar