Sabtu, 05 Juli 2014

Tiongkok dan Korsel Serukan Denuklirisasi Semenanjung Korea

Tiongkok dan Korea Selatan mengeluarkan seruan bersama untuk denuklirisasi semenanjung Korea pada pertemuan puncak di Seoul. Seruan bersama ini pun dipandang sebagai penghinaan runcing Korea Utara yang bersenjata nuklir oleh sekutu utama Beijing.


Tiongkok dan Korsel Serukan Denuklirisasi Semenanjung Korea


Dalam pernyataan bersama setelah pembicaraan mereka, Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Korea Selatan, Park Geun-Hye, menegaskan kembali "oposisi tegas" mereka terhadap pengembangan senjata nuklir di semenanjung. Namun di antara keduanya tampak dibagi tentang bagaimana cara terbaik untuk membujuk Korea Utara untuk menyerahkan bomnya.

Sementara Park mengatakan kepada wartawan bahwa kedua belah pihak telah sepakat untuk menggunakan "segala cara" yang mungkin untuk membawa denuklirisasi, Xi menekankan bahwa "dialog dan negosiasi" adalah cara terbaik ke depan.

"Pasti ada perbedaan dalam perspektif, tapi itu selalu ada," kata Yang Moo-Jin, seorang profesor di University of North Korean Studies.

"Korea Selatan mungkin menyukai Xi mengatakan sesuatu yang lebih langsung terhadap Korea Utara, tapi itu angan-angan semata," kata Yang.

Tak apa, fakta seruan bersama yang dirilis pada pertemuan puncak di Seoul ini tentu membawa makna simbolik yang signifikan.

Sejauh ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un masih menunggu undangan dari Beijing dan keputusan Xi untuk mengunjungi Seoul sebelum Pyongyang dipandang sebagai penolakan dan penghinaan besar.

"Tidak ada pemimpin Tiongkok sebelumnya yang telah menempatkan Korea Selatan sebelum dan di atas Utara seperti ini," kata Aidan Foster-Carter, pakar Korea di Leeds University, Inggris.

Dalam apa yang beberapa lihat sebagai tampilan kekesalan pada kunjungan Xi, Korea Utara telah melakukan serangkaian ujcoba roket dan rudal selama seminggu terakhir dan berjanji tes lebih lanjut di masa mendatang.

Seoul telah berharap bahwa pernyataan bersama kali ini akan mencakup peringatan kata-kata keras ke Pyongyang, tetapi analis telah memperkirakan bahwa Beijing tidak mungkin untuk menaikkan taruhan retoris ke tingkat yang signifikan. (JN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar