Sabtu, 16 Agustus 2014

ISIS Ingin Hancurkan Candi Borobudur

ISIS Ingin Hancurkan Candi Borobudur
Candi Borobudur (Wikimedia)
JAKARTA - Para pendukung kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Indonesia ingin menghancurkan sejumlah candi yang ada di Indonesia, salah satunya Candi Borobudur. Hal itu terunkap dalam sebuah tulisan di laman Facebook “We Are All Islamic State”.

“Inshaa Allah, akan dihancurkan oleh Mujahidin Khilafah Islamiyah !!!” tulis Hartono Ahmad Jaiz, seorang pendukung ISIS di Indonesia.

Dalam tulisannya, ia menuliskan tindakan pemerintah yang dianggap membiarkan perbuatan dosa dengan terus melestarikan patung-patung di berbagai candi dan terus membangun patung lain sebagai simbol daerah.

“Di Indonesia ini, patung-patung justru jadi proyek, dibuat dengan dana dari hasil (pajak dan sebagainya dari) penduduk yang mayoritas Muslim. Sedang patung-patung itu bukan hanya di satu tempat, namun di berbagai tempat. Bahkan mungkin tiap daerah dan tiap periode kepemimpinan ada saja yang mengadakan proyek pembuatan patung,” lanjut Jaiz, dalam tulisan yang diunggah semalam (15/8/2014).

Salah satu target utama mereka adalah candi paling besar yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, yaitu Candi Borobudur. Dalam tulisanya, Jaiz menyebut patung-patung itu membuat orang menuju kemusyikan. “Patung-patung dalam riwayatnya sudah jadi alat untuk mengubah agama Tauhid menjadi kemusyrikan,” Jaiz melanjutkan.

Para militan ISIS selama ini disorot dunia setelah mereka menghancurkan situs-situs suci yang mereka anggap melanggar ajaran agama. Di Irak sendiri, para militan ISIS telah menghancurkan situs-situs penting, seperti makam Nabi Yunus dan sejumlah masjid.


sindonews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar