Jumat, 27 Februari 2015

Tatang 'Sniper' Muda, Berkamuflase Menenteng Senjata dan Berbahaya




Tatang Koswara menunjukkan foto-foto saat bertempur di Timor Leste 38 tahun silam. Saat itu, dia masih muda, tampil dengan seragam berkamuflase sambil menenteng senjata dan tentu saja, berbahaya.

Kepada detikcom di kediamannya, Kamis (26/2/2015), pria kelahiran Medan 12 Desember 1946 itu mengenang pertempuran melawan Fretilin.

Dia menceritakan bagaimana perjuangannya untuk menembak musuh dengan berperan sebagai penembak jitu.

Tak lama kemudian, dia menunjukkan sebuah flash disk yang berisi kenangan perang, namun sempat disembunyikan selama 25 tahun belakangan. Isinya, sejumlah foto-foto ketika dia masih muda, bersenjata laras panjang dan berbahaya.

Berikut sebagian foto-foto tersebut:

Berbaju Kamuflase




Tatang bercerita soal atribut yang melekatnya di tengah pertempuran. Tatang berbalut pakaian ghillie suit atau busana kamuflase guna mengelabui lawan dan tidak terlihat musuh.

Ada dua foto saat Tatang berbaju kamuflase. Pertama, ketika dia melihat ke kamera sambil menunjukkan wajahnya. Foto yang kedua, dia sedang berjalan dengan membelakangi kamera.

"Bajunya buatan Amerika. Jadi bisa menyamar menyerupai alang-alang, rumput, dan tumbuhan," tutur Tatang.

 Mengendap Bersama Rekan



Legenda sniper dunia ini juga menunjukkan foto ketika dia sedang mengendap di perbukitan Timor Leste. Saat itu, Tatang tampak sedang berjalan menunduk di bagian depan. Sementara rekannya di belakang.

Keduanya tampak siaga mengantisipasi serangan musuh.

"Ada foto saya ketika mengendap di suatu perbukitan daerah Remexio (Timor Timur). Di belakang saya itu ada personel Batalion 410," ucap Tatang.


Nama Tatang masuk urutan ke-14 sniper hebat versi buku 'Sniper Training, Techniques and Weapon' yang ditulis Peter Brookersmith (2000). Menurut Tatang, dia pernah bertugas di darat dan di udara.

Salah satu foto menunjukkan Tatang sedang berada di helikopter sambil menenteng senjata. Di belakangnya, terlihat seorang rekannya.

"Nah, kalau ini foto di helikopter. Saya pernah operasi udara," ujarnya
 Bergerilya di Pegunungan



Satu foto lainnya memperlihatkan Tatang sedang berjalan di antara sungai di sebuah pegunungan. Dia selalu membawa senjata kesayangannya untuk menembak jitu.

Senjata yang kerap digunakannya adalah Winchester model 70.

Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar