Kamis, 07 Agustus 2014

KASAU : 32 PESAWAT TNI AU AKAN TAMPIL PADA PERINGATAN HUT RI




32 pesawat TNI AU akan tampil fly pass pada peringatan HUT RI ke-69 dalam dua formasi besar, terdiri dari flight satu, 10 pesawat T-50 Golden Eagle dan 6 pesawat Hawk 100/200 dan flight kedua 8 pesawat F-16 termasuk 3 pesawat yang baru blok C/D 52ID dan 8 pesawat Sukhoi SU-27/30, sehingga masing-masing flight terdiri dari 16 pesawat.



Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia pada keterangan persnya usai upacara Peringatan ke-67 Hari Bakti TNI Angkatan Udara di Ksatrian AAU Yogjakarta, Kamis (7/8). 



Terkait dengan datangnya alutsista TNI AU yang baru dan kesiapan penerbangnya Kasau mengatakan, paralel dengan penambahan pesawat sudah disiapkan dan di programkan jumlah pesawat serta pelatihnya sehingga pesawat yang ada akan siap operasional, paling tidak 75 persen harus siap operasi dan 25 persen untuk perawatan. 



Kasau mengharapkan, paling tidak 40 penerbang setiap angkatan sekolah penerbang dengan masukan dari sekolah penerbang PSDP dan AAU serta lulusan sekolah penerbang dari negara sahabat di luar negeri seperti Amerika. 



Sementara dalam upacara Peringatan ke-67 Hari Bakti TNI AU Kasau Mengatakan, perjuangan serta pengorbanan yang telah diberikan adalah bukti nyata dari pengabdian yang tulus dari putra terbaik TNI Angkatan Udara kepada negara dan bangsa. 



Gugurnya tiga pahlawan mewariskan nilai semangat juang bagi TNI Angkatan udara untuk selalu berbuat yang terbaik bagi rakyat dan bangsa Indonesia, jelasnya. 



Ketiga pahlawan tersebut gugur dalam tragedi pasawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan bantuan dari Palang Merah Malaya untuk misi kemanuasian ditembak oleh pesawat pemburu P-40 Kitty Hawk Belanda dan jatuh di Desa Ngoto 3 km Selatan Yogjakarta. 



Dalam kejadian tersebut TNI Angkatan Udara kehilangan putra terbaiknya yaitu Komodor Muda Udara Agustinus Adi Sutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdurachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo. 



Peristiwa tersebut terjadi setalah dipagi buta tiga pesawat TNI AU, terdiri dari satu pesawat Guntai dan dua pesawat Cureng menyerang kedudukan tangsi-tangsi Belanda di kota Semarang, Salatiga dan Ambarawa. 






Pada kesempatan tersebut Kasau juga mewisuda 30 Pati TNI AU yang memasuki purna bakti, yaitu Marsdya TNI (Purn) Eris Heryanto, S.IP. MA, Marsdya TNI (Purn) Boy Syahril Qamar, SE, Marsda TNI (Purn) Sru Astjarjo Andreas, S.IP, Marsda TNI (Purn) L. Tony 



Susanto, Marsda TNI (Purn) Bambang Wahyudi, S.IP, Marsda TNI (Purn) M. Barkah, SE, Marsda TNI (Purn) Syahrul Ansory, SE, Marsda TNI (Purn) Sujono, Marsda TNI (Purn) Suparman, St. Mm, Marsda TNI (Purn) Maroef Sjamsoeddin, MBA, Marsda TNI (Purn) Chaerudin Ray, SE, Marsda TNI (Purn) Drs. Sugianto, MM, MBA, Marsda TNI (Purn) Didi Sumardi H, Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono, MSc, Marsma TNI (Purn) 



Wahyudin Karnadinata, Marsma TNI (Purn) Parulian Simamora, M.Sc, Marsma TNI (Purn) Sulastri Baso, Marsma TNI (Purn) Yaya Aspiadi, Marsma TNI (Purn) M. Z. Djamhari, M.Sc, Marsma TNI (Purn) Enuh Warsa Wijaya, Marsma TNI (Purn) Asri Yatim, Marsma TNI (Purn) Lambok Lumban Tobing, Marsma TNI (Purn) Suwarso, Marsma TNI (Purn) Yiyit Prayitno, 



Marsma TNI (Purn) Megawaty, SH, Marsma TNI (Purn) Drs. Herry Hermawan A. Psi, MM, Marsma TNI (Purn) Drs. Deddy M.P.H, M.Psi, Marsma TNI (Purn) Dr. Drs. Suprapto, M.Sc, Marsma TNI (Purn) Tuhu Trimurnianto, SE, Marsma TNIi (Purn) Krismaranto, SH. MH.

Sumber : TNIAU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar