Minggu, 23 November 2014

ISIS jatuhkan jet tempur Suriah di Deir Az-zour



ISIS jatuhkan jet tempur Suriah di Deir Az-zour
Ilustrasi. Asap dan kobaran api membumbung dari atas bukit di dekat kota Kobani, Suriah, setelah serangan udara, yang terlihat dari perbatasan Mursitpinar antara Turki-Suriah di kota Suruc, provinsi Sanliurfa, Turki, Kamis (23/10).(REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Damaskus (ANTARA News) - Petempur Negara Islam (IS) atau ISIS menembak jatuh satu jet tempur Suriah di Provinsi Deir Az-Zour, Suriah Timur, Minggu. Ini adalah pesawat tempur pertama yang ditembak jatuh kelompok tersebut sejak ISIS merebut banyak wilayah Suriah.


Jet tempur Suriah itu terlihat jatuh di satu gunung di Deir Az-Zour, setelah ditembak oleh petempur IS, kata Observatorium bagi Hak Asasi Manusia. Ditambahkannya, Angkatan Udara Suriah melancarkan lebih dari 20 serangan udara terhadap posisi IS di Hwaijat As-Saqer di pinggiran Deir Az-Zour sejak tengah malam.

Sedikitnya 16 petempur ISIS juga tewas atau cedera akibat serangan udara, kata satu laporan, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin.

Secara terpisah, sedikitnya 25 tentara Suriah tewas sehari sebelumnya dalam penyergapan oleh Frant An-Nusra, yang memiliki kaitan dengan Al Qaida dan kelompok lain sejenisnya di Kota Kecil Zabdin di sebelah timur Ibu Kota Suriah, Damaskus. Penyergapan itu, katanya, telah menghalangi gerak maju tentara di daerah yang dikuasai gerilyawan.

Krisis Suriah telah berlarut-larut selama lebih dari tiga-setengah tahun tanpa tanda akan mereda. Krisis tersebut telah menjadi makin rumit ketika kelompok fanatik memanfaatkan kekacauan guna merebut wilayah. Lebih dari 190.000 orang sejauh ini telah tewas sementara jutaan orang lagi mengungsi ke berbagai negara tetangga.


REUTERS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar