Senin, 24 November 2014

TNI Luncurkan Tiga Sukhoi Awasi Ambalat



 
Salah satu pesawat Sukhoi TNI AU siap jaga Pulau Ambalat, Metrotv/ Muhammad Reza
Salah satu pesawat Sukhoi TNI AU siap jaga Pulau Ambalat, Metrotv/ Muhammad Reza
Metrotvnews.com, Tarakan: TNI Angkatan Udara (AU) menyiagakan tiga pesawat Sukhoi untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia di wilayah perbatasan.
Tugas utamanya yaitu mengantisipasi Malaysia yang kerap melanggar dengan memasuki wilayah Perairan Karang Unarang dan Ambalat.
Sekira pukul 11.00 Wita, Senin (24/11/2014), tiga pesawat dari Skuadron Pangkalan TNI AU (Lanud) Makassar itu tiba di Bandar Udara Juwata Tarakan, Kalimantan Utara. Sebelum mendarat, tiga pesawat itu berpatroli di Perairan Karang Unarang dan Ambalat.
“Kita sudah kontak dengan kapal TNI AL. Mereka menyampaikan keadaan di laut,” kata Komandan Skuadron Lanud Makassar Letkol Penerbang David Tamboto usai mendarat di Tarakan.
Kedatangan tiga Sukhoi itu disambut Komandan Lanud Tarakan Letkol Penerbang Tiopan Hutapea. Menurutnya, kedatangan ketiga Sukhoi bertujuan menyukseskan Operasi Garda Wibawa.
Operasi, kata Tiopan, diresmikan Panglima TNI Jenderal Moeldoko pada Mei 2014. Tugas utamanya yaitu menjaga kedaulatan wilayah negara di laut maupun udara. Terutama di daerah terdepan perbatasan Indonesia. (Metrotvnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar